Jumat, 05 Juni 2009

Jaga Lingkungan dan Planet Biru ini yuk..

Sekarang tanggal 6 Juni ya teman-teman., yups klo sekarang tanggal 6 berarti kemarin tanggal 5 Juni (semua udah tau kali..). Kalian tahu kemarin hari apa?, ya kemarin tanggal 5 Juni merupakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Jangan-jangan para pembaca blog ini belum pada tahu ya?.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia sendiri, kata paman google, pertama kali dicetuskan pada tahun 1972. Pada awalnya hanya rangkaian kegiatan lingkungan dari tahu sebelumnya (1970-1971). Ketika seorang senator Amerika Serikat Gaylord Nelson menyaksikan bumi yang begitu kotor dan polusi oleh ulah manusia. Pada tanggal 22 April 1970 Gaylord Nelson memproklamasikan Hari Bumi (Earth Day), sehingga tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Bumi Sedunia (Earth Day). Ia memprakarsainya bersam LSM-LSM untuk mencrahkan satu hari bagi usaha penyelamatan bumi dari kerusakan. (eitz..walau satu hari tp kita harus menjaga bumi stiap hari, OK cuy..)

Kenapa kita harus peduli lingkangan?
Hasil pengamtan para ahli menunjukan bahwa pada satu abad terakhir ini (brti satus taun ya..suwene..) sudah terjadi peningkatan suhu global sebagai akibat meningkatnya konsentrasi gas rumah kaca (GRK) di atmosfer bumi. Peningkatan ini mengakibatkan terjadinya EfekRumah Kaca (bukn grup band loh ya..). Akibatnya, suhu udara di permukaan bumi juga naik, yang bisa kita dengar dengan sebutan Global Warming serta terjadinya perubahan pola iklim. ( ya nie, di purwokerto jg tak mnentu cuacanya..kdng pnas ehh..bntr2 dngin.hhehe..)

Dari fakta tersebut kita semua diharuskan menjaga lingkungan dan melestarikannya untuk kehidapan selanjutnya. Hari Lingkunagn Sedunia didasarkan dari konferensi PBB mengenai Lingkungan hidup yang diselenggarakan pada tanggal 5 Juni 1972 di Stockholm, sehingga tanggal konferensi tersebut ditetapkan sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Negara kita juga ikut andil dalam konfrensi tersebut dengan hadirnya Pro. Emil Salim yang pada saat itu mnjabat sebagai kepala Bappenas. Dari fakta-fakta yang ada mari kita menjaga lingkungan dan bumi yang indah yang kita pijak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar